Tuesday, December 6, 2011

SEJARAH


SEJARAH          =SYAJORATUN ( pohon kayu) = bahasa arab
SEJARAH SECARA UMUM : ilmu pengetahuan yang menceritakan semua peristiwa yang telah terjadi di masa lampau umat manusia serta menelaah hal ikhwat manusia dalam uraian kronologi.

SILSILAH          = menunjuk pada susunan keluarga dan nenek moyang.
RIWAYAT         = laporan atau cerita tentang suatu kejadian
HIKAYAT         = cerita tentang kehidupan manusia (sebagai objeknya)
TARIKH                     = cerita tentang kejadian yang benar2 terjadi di masyarakat.

SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA
©        Bersifat OBJEKTIF
©        Suatu proses dari perkembangan kejadian” sepanjang masa lampau yang tidak mungkin terulang lagi. SEJARAH IN CONCRETO ?A SICH = yang telah terjadi
CONTOH : Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 agustus 1945.

SEJARAH SEBAGAI KISAH
©        Bersifat SUBJEKTIF
©        Cerita berupa narasi yang disusun dari memori, kesan/tafsiran manusia terhadap kejadian yang berlangsung pada masa lampau.
CONTOH : peristiwa Bandung Lautan Api

SEJARAH SEBAGAI ILMU
©        Berasal dari ‘alama(ARAB), science(INGGRIS) yang bearti PENGTAHUAN.
Ciri-ciri :
§  Memiliki metode yg efektif
§  Memiliki objek
§  Memiliki rumusan kebanaran
§  Bersifat objektif
§  Dapat memberikan perkiraan/prediksi
§  Empiris

SEJARAH SEBAGAI SENI
©        Sejarah adalah seni dan ilmu yang dimasukkan  dalam sastra karena pengunaan narasi yang dominan. Penulis sejarah harus bisa berimajinasi tentang kisah yang ditulisnya sehingga pembaca bisa memahami isinya.
Untuk itu sejarawan memerlukan unsur-unsue sebagai berikut :
§  Intuisi/ilham
§  Imajinatif
§  Emosi
§  Gaya bahasa

KEGUNAAN EDUKATIF            à ilmu pengetahuan
                                    à pengajaran moral
                                    à pengalaman
                                    à pandangan
©        Peristiwa masa lampau yg dapat diambil sebagai pelajaran (diambil hikmahnya) untuk melangkah hidup di masa kini dan merencanakan hidup di masa depan.
CONTOH ;  perjuangan K.H Agus Salim pada masa kemerdekaan.

KEGUNAAN INSPIRATIF
©        Berupa ilham / spirit yang bersifat RASIONAL  untuk memberikan spirit agar berbuat sesuatu / menciptakan sesuatu yang baru.
CONTOH :                        à pembuatan candi
                           à pembuatan monumen perjuangan
PERIODISASI  à           pembagian atau pembabakan waktu menurut zamannya pada masa lampau.
            Periodisasi umur bumi menurut ahli geologi :
1.    arkaikum                                              orde baru      =  1966-1998
2.    paleozoikum                                         erareformasi  =  1999
3.    mesozoikum                                          reformasi      =  2000-skg
4.    neozoikum                               
KRONOLOGI à urutan waktu dari suatu peristiwa ke peistiwa lain dalam satu kurun waktu.
            Kronologi peristiwa sejarah sebelum proklamasi 17-08-1945
§  6 agustus          : bom atom dijatuhkan di hirosima
§  9 agustus          : bom atom dijatuhkan di nagasaki
§  9-14 agustus    : soekarno,hatta, radjuman pergi ke Dalat (Vietnam) memenuhi panggilan Terauci.
§  14 agustus        : jepang menyerah tanpa syarat
§  16 agustus        : peristiwa rengasdengklok
§  16-17 agustus  : penyusunan naskah proklamasi
§  17 agustus        : peristiwa detik” Proklamasi RI
HISTORIOGRAFI  à penilisan sejarah ; historia=sajarah/penacarian data atau informasi ; graferi=gambar/tulisan
Macam-macamnya :
©        H. tradisional ( FASE 1)
Ciri-ciri            :  a. istana centris
               b. religius magis
Contoh
§  Babad     à babad cirebon, babad tanah jawa, sej. Melayu, babad giyanti.
§  Hikayat   à hikayat raja”, hikayat hang tuah
©        H. kolonial ( FASE 2 )
Ciri-ciri :  a. eropa-centris
               b. nerlando-centris
Contoh :
§  History of Java  à Raffles
§  Kolonial ge selie denis ( sej. Kolonial  à Cosenbrnder
©        H. nasional ( FASE 3 )
> menuliskan sejarah masa kemerdekaan.
Ciri-ciri :  indonesia-centris
Contoh  :  a.  sej. Perang kemerdekaan indonesia
b.    sej. Nasional indonesia
c.     sej. Perlawanan kolonialisme
©        H. modern ( FASE 4 )
> sejarah 13 tahun indonesia merdeka
Contoh :   sejarah reformasi, berupa peluusan terhadap hal” yg kontroversial dalam sej yg ditulis semasa soekarno berkuasa.









BUKTI SEJARAH     à sesuatu yg nyata dan jejak masa lampau yang dapat dilihat, di raba, dirasakan.
            Contoh :     peninggalan benda dan saksi hidup.
SUMBER SEJARAH  à peninggalan” berbagai peristiwa yg terjadi pada masa lampau.
            Contoh :
§  SUMBER TERTULIS
Diperoleh melalui peninggalan” tertulis yg trcatat sbg peristiwa masa lampau.
Contoh : prasasti, dokumen pemerintah, karya sastra, surat kabar, surat” pribadi, autobiografi, kitab” kuno.
§  SUMBER LISAN
Keterangan langung dari para pelaku / para saksi dari peristiwa yang terjadi pada masa lampau atau dari orang” yg menerima langsung keterangan” itu secara lisan dari orang lain dengan melalui media dan dapt dibuktikan.
Dibedakan menjadi :
o    Sumber primer
Saksi hidup/kesaksian dari saksi atas peristiwa sejarah. Dapat berbentuk dokumentasi arsip, foto, tulisan naskah, autobiografi, srt” pribadi, surt kabar.
o    Sumber sekunder
Sumber yg diuraikan oleh seseorang yg bukan pelaku atau saksi mata suatu peristiwa sejrah. Contoh : buku”, thesis/skripsi, laporan.
§  SUMBER BENDA PURBAKALA
Diperoleh dari peninggalan benda-benda kebud.
Contoh : candi, keraton, fosil, artefak, senjata,dll.
FAKTA SEJARAH  à merupakan data yg diperoleh melalui sumber primer & sekunder dan sudah diteliti melalui mtode penelitian sejarah.

LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN SEJARAH
1.   pemilihan topik  :
o    menarik
o    asli
o    ketersedian sumber
o    kedekatan emosional
2.   heuristik (mencari sumber” sejarah)
o    pengumpulan informasi sumber
o    mencari jejak-jejak dari peristiwa masa lampau.
o    Dilakukan o/ sejarawan dg menelah berbagai buku, tulisan” kuno, Dokumen kuno, dll
3.   verfikasi ( meneliti dan menilai sumber” sejarah sec, kritis)
o    proses pengujian terhdap data” sejarah/ kritik sejarah.
Cara pengujian :
è  mengajukan sejumlah pertanyan logis berkaitan engan peristiwa sejarah
è  mambandingkan & menghadirkan sejumlah data berkaitan dg peristiwa.
è  Sehingga data yg diperoleh bersifat objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.
4.   interpretasi ( menafsirkan ket. Sumber sejarah)
o    penafsiran sejarah yg memperlihatkn unsur subjektifitas. Artinya sejarawan memberikan tafsiran agar data sejarah dapat berbicara.
ANALISIS :  menguraikan sumber” sejarah u/ memperoleh fakta
SINTESIS :  menyatukan antara sintesis dg analisis
5.   historiografi ( penulisan sejarah)
pengembangan penulisan sejarah berdasarkan sumber” dan bukti yg dapat dipertanggungjawabkan.

Cara masy. Sebelum mengenal tulisan merekam dan mewariskan masa lalunya melalui tradisi lisan, yg dianggap sebagai pengungkapan lisan yg disampaikan dg kata” dari 1 generasi ke generasi seterusnya.
Dapat diartiakn sebagai :
§ sebagai proses   à tradisi lisan terkait dg kebiasan anggota masy. Dalam menyampaikan pengalaman hidup sehari-hari serta pengalaman masa lalu melalui lisan
§ sebagai produk  à terbentuk karena kebiasaan anggota masy. Tsb dlm menyampaikan informasi secara lisan.
Cara yg dilakukan dlm mengembangkan tradisi tsb:
1.    menjaga nasihat para leluhur melalui ingatan kolektif
2.    membuat peringatan kepada semua anggota masy. Berupa lukisan serta perkakas sbg alat bantu hidup.
3.    jenis alat”  bantu hidup yg tidak hanya berfungsi untuk alat bantu hidup tapi untuk peringatan kepada generasi yang akan datang.

1.   folklore
    adat istiadat tradisionl & cerita rakyt yg diwariskan secara turun temurun tapi tidak dibukukan.
    folklore lisan      = bahasa dan puisi rakyat, cerita rakyat,, nyanyian rakyat, adat/hukum masy,dll)
    Folklore bukan lisan/material :
°    arsitektur rumah rakyat ( rumah gadang, joglo, balai, rumah panggung/limasan)
°    perhiasan tradisional (terbuat dari batu, manik”, tempurung, kerang, kulit penyu)
°    kerajinan tangan rakyat
°    pakaian tradisional
°    obat”an tradisional
2.    mitologi
    cerita rakyat yg benar´terjadi dan suci oleh si punya cerita
    mitologi luar negeri   ­­  à hercules, romeo and juliet.
    Mitologi dalam negeri  à rama dan sinta, nyi roro kidul, leak, dll.
3.    legenda
    Cerita tentang kejadian suatu daerah dan rakyat yg tinggal di daerah itu yg menyangkut adat istiadat, keyakinan, hub. Keluarga, terbentuknya suatu daerah.
    Contoh : malin kundang.
4.     epos
    Jenis cerita rakyat yg mengandung unsur kepahlawanan
    Contoh : rama dan sinta, srikandi.
5.     hikayat
    Cerita rakyat mengenai kehidupan istna raja/kisah perjalan raja yg berjiwa patriotisme.
    Contoh : hikayat raja”, hang tuah
6.   dongeng
    kisah yg bersifat fiksi, kadang di dalamnya terkandung petuah.
    Contoh : si punduk merindukan bulan
7.   tambo
    cerita rakyat yg berisi silsilah/asal usul keturunan taja minangkabau.
8.   babad
    kitab/catatan sejarah trdisional berift sansekerta
    contoh : babad tanah jawa.
9.   argot




ZAMAN BATU :
1.   PALEOLITIKUM (batu tua)                             600.000 thun lalu
    Paleos = tua ; litik = batu
Ciri-ciri :
°    Berpindah-pindah / nomaden
°    Hidup dalam gua-gua di pinggir sungai
°    Food gathering (mengumpulkan makanan)
°    Hidup berkelompok
°    Alat” batu kasar :
§  Kapak genggam/kapak pacitan/chopper/kapak perimbas (menguliti binatang)
Ditemukan oleh : pethecantropus
§  aLat”dari tulang dan tanduk (alat penusuk/pengorek)
ditemukan oleh : homo soloensis dan homo wajakensis
§  alat serpih (flake) à untuk menguliti hewan
fitemukan oleh homo soloensis dan wajakensis.
°    Manusia pendukung : pithecantopus erectus
2.   MESOLITIKUM ( batu tengah/madya)              20.000 thun lalu
Ciri-ciri :
°    Menetap
°    Berhuma/berladang
°    Mengenal alat” dari gerabah
°    Mengnal perhiasan
°    Manusia pendukung dari ras papua melanesoid
°    Alat batu diasah sebelah, agak halus.
°    Sudah mengenal kepercayaan penguburan mayat
3.   NEOLITHICUM (batu baru/muda)                   2000 SM
Ciri-ciri :
°    Hidup menetap
°    Bercocok tanam/bersawah (food proucing)
°    Manusia pendukung : homo saphien (manusia cerdas)
°    Bermasyarakat
°    Mengenal kesenian
°    Mengenal tenun/gerabah
°    Alat kehidupan halus/sudah diasah :
§  Kapak persegi                  à untuk mengerjakan kayu
§  Kapak lonjong                  à untuk membelah sagu
§  Kapak bahu /bertangkai   à
§  Alat” gerabah/tanah
§  Alat” pertanian : cangkul, sabit, pisau, mata panah.
§  Perhiasan dari manik-manik.
4.   MAGALITHICUM (batu besar)
Alat kehidupan :
°    Sarkofogus              à peti dari batu bulat
°    Menhir                    à tiang batu u/ upacara pemujaan
°    Dolmen                   à meja btu tempat meletakkan sesajen kpada roh nenek moyang
°    Kubur batu              à peti mati terbuat dari batu pipih
°    Waruga                   à kubur batu yg berbentuk kubus/ bulat
°    Arca/patung            à batu berbentuk binatang/manusia sbg pemujaan
°    Punden berundak    à susunan batu bertingkat sbg tempat pemujaan.
ZAMAN MENURUT GEOLOGI

1.   Arkaikum (zaman tertua)
°    £ 2.500 juta tahun lalu
°    bumi masih pans dan tidak ada tanda” kehidupan
2.   paleozoikum (zaman kehidupan tua)
°    340 juta thaun lalu
°    keadaannya belum stabil.
°    Mulai ada tanda kehidupan ;ikan, amfibi, reptil
3.   mesozoikum (zaman kehidupan prtengahan)
°    140  juta tahun lalu
°    muncul binatang dalam ukuran besar ; dinasaourus
°    disebut juga zaman reptil (hewan ini bermunculan)
4.   neozoikim
°    60 juta tahun lalu
a.   tertier         à berkurangnya binatang raksasa, muncul hewan jenis mamalia
b.   kwarter       à - kala pleistosen (muncul manusia di permukaan bumi ; pithecantropus)
-      kala holosen (homo saphien)


MASA BERBURU DAN MENGUMPULKAN MAKANAN
1.    kehidupan ekonomi-sos-bud
mengumpulkan makanan
berburu
telah mengenal api
hidup berkelompok
tinggal di gua-gua
berpindah-pindah
alat-alat kehidupan masih batu kasar, sederhana
2.    alat’’ yg digunakan
kapak genggam
tulang/tanduk
flakes
MASA BERCOCOK TANAM
1.    kehidupan ekonomi-sos-bud
bertani, berdagang, berternak, industri gerabah, berhuma
menetap
gotong-royong, musyawarah
mengenal bud. Logam, alat’’ dari batu halus, rumah panggung, kesenian.
2.    alat’’ yg digunakan
kjokkenmoddinger              à sampah dapur dari kulit siput & kerang tertumpuk menjadi bukit.
Abris sous rousche               à gua-gua yg digunakan sebagai tempat tinggal
Gerabah                              à tempat menyimpan makanan
Kapak persegi                     à mengerjakan kayu
Kapak lonjong                     à
Perhiasan
Pakaian


ZAMAN LOGAM/ PERUNDAGIAN
1.    ciri-cii :
°    mengenal skill/ pembagian kerja khusus
°    mengenal perdagangan (barter)
°    mengenal uang logam
°    mengenal bermasyarakat teratur dg asas primu interpares (pilih salah satu daiantra demokrsi)
°    mengenal bersawah, irigrasi
°    mengenal pasar, industri
2.    benda dihasilkan
°    nekara                    àgenderang besar tertutup bag. Atas berpinggang u/ acara upacara pemujaan
°    kapak corong          à
°    bejana                    à
°    arca perunggu         à
°    perhiasan                à


KEBUDAYAAN BACSON-HOABIN      à keb. BATU
    menurut  C.F.Gorman  dalam bukunya the hoabinhin ditemukan di vietnam utara, tepatnya di daerah bacson, sudah dipergukan sejak tahun 1920-an.
    Kebud. Ini ditemukan juga di Indonesia ; jawa, sumatera, sulawesi
    Terdiri dari alat” batu yg khas dg ciri dipangkas pada 1/2 sisi permukaannya, seperti :
§  Alat serpih
§  Batu giling
§  Kapak lonjing
§  Kapak persegi
§  Kapak bertangkai/berpinggang
KEBUDAYAAN DONGSON      à keb.PERUNGGU
    Terbuat dari perunggu, ditemukan di vietnam utara
Alat-alatnya :
§  Kapak corong
§  Ujung tombak bertangkai
§  Sabit bercorong
§  Mata panah
§  Perhiasan
§  Pasau & kail
    Sangat berpengaruh terhadap  perkembangan kebud. Perunggu di indonesia, contoh :
°          Nekara
°          Moko
°          Candrasa
°          Arca
°          Kapk corong
°          Bejana
°          Alat” rumah tangga
°          Perhiasan





KEBUDAYAAN SA-HUYNH
    Ditemukan di daerah  vietnam selatan didukung oleh bangsa dan bahasa austronesia.
     Kebudayaannya terbuat dari logam besi dan perunggu :
§ Tempayan besar dan penutupnya                  Bejana tembikar                       Bejana perunggu




§ Perhiasan; anting”
§ Mata cangkul dr logam besi

ASAL-USUL NENEK MOYANG INDONESIA
       Pendapat H. Kern & H. Geldem berasal dari :
1.Ras austrenesia melayu    à mnyebar di ind barat ; jawa, sumatera, sulawesi kali bestari
a.     Melayu tua ( proto melayu)
Sisa” : batal, toraja, TNI AS, kulm, dayak ( suku )
b.    Melayu muda (deutera melayu)
Sisa” : Jawa ( bali, sunda, bugis ), minangkabau, riau.
2.Ras papua melansia         à menyebar ke Ind.timur ; sulawesi, NTB, irian barat
3.Ras we / negrito
4.Suku Sakai/siak di Kep.Riau
SUKU            à asal usul manusia berdasarkan daerah adat istiadat, tradisi, bahasa, kepercayaan.
RAS    à  kelompok manusia/ suku” bangsa yg memiliki ciri” fisik bawaan yg sama.
1.Ras mongoloid ;
°    Kulit kuning
°    Rambut hitam lurus
°    Mata sipit
°    Badan tinggi ramping
2.Ras kaokasoid ;
   >kulit putih
3.Ras australoid
o    Kulit hitam
o    Rambut keriting
o    Badan tingi kekar
o    Bibir tebal
4.Ras negroid
5.Ras austronesia melayu
°    Kulit coklat
°    Rambut ikal
°    Badan tinggi ramping
°    Mata lebar

1 comment: